Jumat, 12 Juni 2009

Bangkit dari Kematian

Eits... jangan dikira ini cerita horor yaa. Ini sama sekali bukan cerita horor, ini murni kisah nyata dan ilmiah banget. Ini adalah cerita yang datang dari tanahnya Harry Potter, Inggris. So, you must read it!

Seorang pria bernama Michael Wilkinson dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Royal Preston Lancashire akibat gangguan pada jantungnya. Michael ditemukan oleh ibunya tak sadarkan diri di kamarnya, namun di rumah sakit, dokter melakukan udaha medis untuk memacu kembali kerja jantungnya, tetapi gagal. Pria 23 tahun ini pun dinyatakan tewas.

30 menit berlalu. Petugas rumah sakit mendapati denyut nadinya kembali berdetak! mereka langsung melaporkan kejadian ini pada pihak keluarga. Wilkinson yang berasal dari Preston kemudian dipindahkan ke unit perawatan intensif Royal Preston Hospital, Lancashire. Wilkinson bertahan hidup selama 2 hari setelah mengikuti operasi darurat sebelum akhirnya dinyatakan benar-benar meninggal dunia pada 3 Februari lalu.

Hasil pemeriksaan menunjukkan Wilkinson sempat kembali hidup akibat sindroma Lazarus. Apa sih itu Sindrome Lazarus? Lazarus sindrom adalah kembalinya system sirkulasi darah secara spontan setelah usaha medis gagal dilakukan. Kejadian ini tercatat kurang lebih 38 kali sejak 1982, kejadian ini juga disebut Fenomena Lazarus, diambil dari cerita kematian yesus di dalam alkitab. Sindrom ini sangat jarang terjadi dan penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Salah satu teori dari peristiwa Lazarus ini faktor utamanya adalah meningkatnya tekanan di dada sebagai dampak dari Resusitasi Kardiopulmonari (CPR). Relaksasi dari tekanan tersebut. setelah usaha resusitasi selesai dilakukan, jantung menjadi melebar. Atau bisa juga disebabkan oleh hiperkalsemia (tingginya kadar Ca2+ dalam darah) atau sekresi hormon adrenalin yang berlebihan.


tapi, konsultan A&E, John Whittaker, memperkirakan denyut jantung Wilkinson sempat kembali bekerja akibat dampak obat-obatan yang diterimanya selama dalam perawatan. Sementara ibu Wilkinson, Susan Horrigan (44), mempunyai kesan tersendiri terhadap kematian putranya itu.

wah ternyata kisah bangkit dari kematian nggak cuma ada di film horor, atau di tipi-tipi. Ternyata kejadian ini bisa benar-benar terjadi dan bisa di tafsirkan secara ilmiah. waaaahhhh.... begitulah kuasa Allah teman-teman. Apapun yang Dia kehendaki, bisa terjadi.

dokter sarap.
12 Juni 2009; 06.40 WIB


refference : en.wikipedia.org

6 komentar:

  1. Taye, tulisannya jangan warna-warni gitu duonk, pusing nih bacanya...

    Saran nih templatenya mendingan ganti aja deh, backgroundnya lebih enak kalau putih...

    BalasHapus
  2. iya maap maap kan biar jelas maksudnya. sip baru gw mikir mau gw ganti template nya.. maaf atas ketidaknyamanannya -_-
    komen isi artikelnya dong..

    BalasHapus
  3. Nah, gitu donk. Ini baru namanya anak IPA dan calon dokter. Good Job Friend!

    Btw, gw msh sangsi loh sm syndrome diatas. Aneh aja gitu...

    BalasHapus
  4. hehehe makasi makasi, amiin ya Allah :)
    iya sih, fi.. gw juga agak bingung sama sindrom ini, ya kan ada faktor kuasa Allah, fi. Manusia cuma bisa mendiagnosis kaya gitu..

    BalasHapus
  5. hha. mati suri.
    waw taye. dahsyat nyo.
    LANJUTKAN! hha

    BalasHapus