Jumat, 29 Juli 2011

Gympie gympie Pohon Penyengat

Jika kamu suka bertualang di hutan rimba. Aku rasa kalian perlu waspada dengan tanaman yang satu ini. Namanya Gympie gympie. Biasa ditemukan di Australia, terutama di daerah Queensland. Tanaman ini memiliki nama yang unik dan jika dilihat dengan kasat mata, tanaman ini tak ubahnya seperti tanaman biasa yang tidak berbahaya. Namun ternyata tanaman ini tidak sebiasa tampilannya. Tanaman ini menyengat dan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Cukup dengan menyentuhkan kulitmu sedikit saja ke permukaan daun, rasa sakit bisa menjalar ke seluruh tubuhmu.


North Queensland road surveyor A.C. Macmillan adalah yang pertama mendokumentasikan efek dari pohon menyengat. Dia melaporkan kepada atasannya pada tahun 1866 bahwa kudanyanya telah disengat Gympie gympie, kemudian mengamuk, dan meninggal dalam waktu dua jam.

Gympie gympie

Sengatan Gympie gympie ini memberikan sensasi seperti sengatan listrik, asam, dan panas secara bersamaan. Selanjutnya, reaksi alergi pada tubuh akan menimbulkan rasa gatal yang sangat besar dan ekstrem, Mengerikan bukan?

Tanaman ini memang sudah lama menjadi ancaman bagi orang-orang yang berkepentingan di hutan, seperti pecinta alam, surveyor, dan tukang kayu. Maka, biasanya mereka dibekali obat antialergi berupa tablet antihistamin sebelum melakukan perjalanan menembus hutan.

Memang menyenangkan berjalan menjelajah hutan dan mengamati keindahan di dalamnya. Namun perlu kita ingat bahwa hutan menyimpan banyak bahaya, salah satunya tanaman seperti ini. Tanaman Gympie bukan satu-satunya tanaman yang bisa menyengat. Setidaknya ada enam jenis tanaman serupa. Maka dari itu, kita harus berhati-hati pada apa saja, sekalipun pada tanaman.

For more information, Watch this video : Bite Me with Dr. Mike Leahy on Queensland

Source : Australian Geographic, Bite Me With Dr. Mike Leahy on Nat. Geo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar